Minggu, 22 Desember 2013

Langkah – Langkah Membuat CANVAS

Nama    :Ogy Chrisna W
Nim       :12.12.0198
Kelas     :SI12C
Langkah – Langkah
Membuat CANVAS
Klik ganda pada icon eclipse pada desktop, kemudian tunggu hingga jendela eclipse  terbuka, lalu membuat project baru dengan cara klik file – pilih new – pilih Android Application Project.


Kemudian isikan nama project  Contoh 
Application Name : CANVAS, lalu Project Name : CANVAS
Lalu pada Package Name hapus terlebih dahulu com.exclampe hingga titik, kemudian isikan dengan nama folder yang telah kalian buat misal : 
CanvaskuSI12C.kemudian klik next



Klik Next
Lalu berikan simbol untuk tampilan yang akan kita buat 
seperti pada gambar dibawah ini. Kemudian setelah selesai memberikan icon / simbol maka klik next 


 Klik Next Tus Sampai klik Finish


Maka Tampilannya sebagai berikut :


Kemudian klik src – klik CanvasSI12C, klik MainActivity.java seperti gambar dibawah ini :


Mulai Melakukan Pengcodingan 
Tuliskan Coding seperti dibawah ini :
package bywajid_12_12_0184.canvas;
import android.os.Bundle;
import android.app.Activity;
import android.content.Context;
import android.graphics.Canvas;
import android.graphics.Color;
import android.graphics.Paint;
import android.view.Menu;
import android.view.View;
public class MainActivity extends Activity {
    @Override
    protected void onCreate(Bundle savedInstanceState) {
        super.onCreate(savedInstanceState);
        setContentView(new canvas1(this));
    }
    static public class canvas1 extends View{
      public canvas1 (Context context){
            //TODO Auto-generated constructor stub
            super(context);
      }
     
    protected void onDraw (Canvas canvas) {
      Paint paint = new Paint();
      Paint paint2 = new Paint();
      Paint paint3 = new Paint();
      paint3.setTextSize(30);
      paint.setColor(Color.RED);
      paint2.setColor(Color.GREEN);
      paint2.setAlpha(100);
      paint3.setColor(Color.BLUE);
      canvas.drawCircle(200, 100, 50, paint);
      canvas.drawRect(250, 250, 300, 50, paint2);
      canvas.drawText("ZLZ", 50, 200, paint3);
            }
    }
    @Override
    public boolean onCreateOptionsMenu(Menu menu) {
        // Inflate the menu; this adds items to the action bar if it is present.
        getMenuInflater().inflate(R.menu.main, menu);
        return true;
    }
   
}
Hasil OutPut dari Program seperti pada gambar di bawah ini :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar